1001 Soal Kehidupan | RBI

Minggu, 17 Desember 2017 Site Map cart RBI

 

Beranda > Sinopsis

1001 Soal Kehidupan | RBI

Harga:

Rp 115,000

Discount: 20%

Rp: 92,000

Anda Hemat:

Rp 23,000

 

1001 Soal Kehidupan

oleh Prof. Dr. Hamka

"Menghidupkan kembali agama berarti menghidupkan suatu bangsa
Hidupnya agama berarti cahaya kehidupan.”
—Bediuzzaman Said Nursi-

Kehidupan merupakan karunia terbesar yang dipersembahkan Allah Azza wa Jalla kepada umat manusia, juga seluruh makhluk ciptaan-Nya. Tidak dapat dimungkiri, dinamika persoalan yang ditemui manusia menjadi hal yang lumrah di tiap perjalanan hidupnya masing-masing. Permasalahan hidup yang mengganjal hati, terkadang menghentikan langkah seolah tak memandang zaman yang berganti ataupun masa yang telah berlalu. Segala persoalan tersebut akan selalu muncul dan berkembang bersama perputaran alam dan kehidupan itu sendiri.

Apabila tidak ditangani dengan tepat, persoalan tersebut dapat memicu sebuah permasalahan dan kesalahan baru yang berdampak negatif. Bahkan, dapat memicu pertikaian dan konflik di tengah masyarakat. Terlepas dari itu, timbullah pertanyaan-pertanyaan yang mengusik relung jiwa yang haus akan jawaban. Bukan hanya bentuk jawaban dari sisi keilmuan saja, melainkan juga dari sisi religius yang dimiliki setiap insan. Beruntunglah bagi mereka yang memiliki keluasan ilmu, baik pengetahuan agama maupun pengetahuan umum. Namun, bagi orang awam bukanlah perkara mudah kala mereka menemukan persoalan yang dianggap pelik.

Bersamaan dengan itu, buku 1001 Soal Kehidupan mengajak kita untuk menyelisik berbagai persoalan hidup yang mengusik hati dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Buku ini berisi kompilasi dari jawaban-jawaban Buya Hamka atas pertanyaan para pembaca di majalah Gema Islam dan majalah Panji Masyarakat. Prof. Dr. Hamka mengawali tulisannya dengan pertanyaan dan jawaban seputar keimanan kepada Allah. Ya, tentunya segala permasalahan hidup ini segeralah kita kembalikan pada Sang Pencipta. Allah yang harus lebih dulu kita imani, niscaya beribu persoalan hidup pun yang dihadapi tiada artinya karena kemahabesaran kuasa-Nya atas hidup ini. Allah yang memberi ujian, Dia pula yang memberikan jawaban penyelesaiannya.

Buya Hamka mengemas topik pembahasannya dengan sangat manarik. Buku ber-cover biru ini, juga memaparkan bahasanya dengan sangat sistematis. Di tiap bab-nya, masing-masing membahas satu topik persoalan yang dipecah menjadi beberapa pertanyaan yang dilengkapi jawabannya. Selain itu, buku ini memiliki keunikan yang terletak pada bentuk penyajian bahasannya yang dibuat dalam bentuk tanya-jawab. Berbeda halnya dengan buku lain, yang notabene-nya disajikan dalam bentuk deskripsi atau narasi panjang secara keseluruhan.

Membaca dan meresapi antara persoalan yang ditanyakan dan jawaban yang diberikan Hamka, akan membuat arus yang komunikatif kepada pembaca. Mengapa demikian? Karena buku ini berisikan berbagai pertanyaan yang masih relevan dengan isu dan persoalan kontemporer yang marak terjadi saat ini. Pertanyaan tersebut meliputi, persoalan Ahmadiyah, ilmu-ilmu kebatinan, meramal nasib dan pergi ke dukun, perempuan, perceraian dan poligami, termasuk janji-janji yang “dipaksakan” saat kampanye politik berlangsung. Dengan demikian, pembaca dari generasi ke generasi berikutnya seakan ikut bertanya langsung pada Hamka, terutama bagi yang memiliki persoalan sama seperti yang ada dalam buku ini.

Dalam buku 1001 Soal Kehidupan ini, Prof. Dr. Hamka membahas berbagai pertanyaan yang diajukan dengan merujuk pada Al-Qur’an dan Sunnah sebagai bagian dari jawabannya. Hamka langsung merujuk pada kedua pedoman hidup manusia itu sehingga tiada lagi keraguan atas jawaban yang diberikannya. Selain itu, jawabannya juga dipandang dari berbagai sisi lain, seperti keilmuan, kemasyarakatan, sejarah, dan kebudayaan. Dengan begitu, pembahasan dalam buku ini tidak hanya selalu bertolak dari keagamaan saja, melainkan juga dari berbagai aspek yang menopang kehidupan itu sendiri.

 

Melalui buku ini pula, Buya Hamka ingin mengantarkan pesannya pada khalayak untuk selalu berikhtiar mencari jawaban atas segala ganjalan di hati. Setiap permasalahan yang menjadi tanya, akan selalu ada jawaban untuk menyelesaikannya. Setelah membaca buku ini diharapkan keimanan kita akan terus mendaki tangga Keridhaan-Nya, mengalahkan ribuan problematika hidup yang selalu menghimpit. Mari temukan jawaban atas persoalan hidup, berbekal buku 1001 Soal Kehidupan.

ISBN: 978-602-250-289-0

Dimensi: 15.0 x 23.0 cm

Sampul: Soft Cover

Penerbit: Gema Insani

Share |

Komentar Anda..

DISCOUNT BUKU 30%? Klik di sini

Buku-buku lainnya...

Kamus Peribahasa Arab Mahfuzhat | RBI

Kamus Peribahasa Arab Mahfuzhat

Turos Pustaka

Rp 56,000   Rp 44,800

Kambing Putih Bukan Kambing Hitam | RBI

Kambing Putih Bukan Kambing Hitam

Muhaimin Iqbal

Rp 43,000   Rp 34,400

Kalem | RBI

Kalem

Yusuf Mansur

Rp 59,000   Rp 47,200

Kalau Bisa Mudah Mengapa Dibuat Susah | RBI

Kalau Bisa Mudah Mengapa Dibuat Susah

Alwi Alatas

Rp 42,000   Rp 33,600

Kajian Lengkap Shalat Jama'ah | RBI

Kajian Lengkap Shalat Jama'ah

Prof. Dr. Shalih bin Ghunaim as-Sadlan

Rp 47,500   Rp 38,000

Kado Pernikahan untuk Istriku | RBI

Kado Pernikahan untuk Istriku

Mohammad Fauzil Adhim

Rp 90,000   Rp 72,000