Perjalanan hidup Khalifah yang Agung UMAR BIN ABDUL AZIZ | RBI

Kamis, 21 Juni 2018 Site Map cart RBI

 

Beranda > Sinopsis

Perjalanan hidup Khalifah yang Agung UMAR BIN ABDUL AZIZ | RBI

Harga:

Rp 99,000

Discount: 20%

Rp: 79,200

Anda Hemat:

Rp 19,800

 

Perjalanan hidup Khalifah yang Agung UMAR BIN ABDUL AZIZ

oleh Prof. DR. Ali Muhammad Ash-Shalabi

Hebatnya pencapaian Umar bin Abdul Aziz dalam mengelola negara, berawal dari kesungguhannya menuntut ilmu, ditopang oleh orientasi yang lurus kepada Allah, dan jerih payah tiada kenal lelah. Dari pengabdian yang penuh dedikasi inilah, lahir negara yang adil, yang terwujud dalam bentuk: menegakkan prinsip syura (musyawarah), menegakkan keadilan, mengikis segala bentuk kezhaliman, bahkan memakzulkan para gubernur yang diketahui bertindak zhalim, menghapuskan tindak semena-mena terhadap masyarakat kecil bahkan terhadap kafir dzimmi sekalipun. Reformasi Umar menyentuh segala bidang: Kehidupan keagamaan, politik, sosial, ekonomi, dan budaya. Perekonomian misalnya, tegak di atas nilai-nilai kebenaran, keadilan dan penghapusan kezhaliman dalam segala sektor, meletakkan target-target ekonomi yang ril, pembagian harta kekayaan yang masuk ke dalam kas negara secara adil, meningkatkan taraf ekonomi dan kemakmuran masyarakat, berikut langkah-langkah yang ril, seperti: menyediakan iklim yang kondusif yang menunjang pertumbuhan ekonomi, membuka kebebasan ekonomi dalam skala luas, menetapkan regulasi perdagangan, kebijakan pertanian, dan menyediakan infrastruktur yang baik, sehingga semua orang dengan suka cita ikut terlibat dalam aktifitas ekonomi, bahkan lahan-lahan yang mati menjadi hidup. Hasilnya, rakyat luas, Muslim dan non Muslim, hidup berkecukupan, sampai tak ada orang yang mau menerima zakat dan sedekah. Tonggak penting dalam negara yang dibangun Umar adalah, pertama, berdirinya pusat-pusat kajian ilmiah dan pendidikan, dan kedua, orang-orang yang menjadi penasihat, gubernur dan RA pejabatnya adalah orang-orang yang jujur, amanah, shalih dan berilmu.

Kekhalifahan Umar ini adalah fakta sejarah di depan mata orang-orang yang senantiasa meneriakkan, Negara yang berdiri di atas Syariat Islam sangat rentan didera berbagai masalah dan krisis, sangat beresiko hancur setiap saat, negara model begini hanyalah mimpi. Padahal sejarah itu terus menantang dengan mengatakan, Tunjukkanlah bukti kebenaranmu, jika kamu adalah orang yang benar. (Al-Baqarah: 111).

Dan kekhalifahan Umar ini adalah bantahannya; di mana dengan dasar Syari'at, keadilan menjadi tegak, hingga tidak ada tirani minoritas dan tidak ada minoritas yang tertindas. Semua ini bermuara dari keperibadian Umar yang agung: memiliki akidah yang lurus, rasa takutnya yang sangat kepada Allah, jujur, amanah, zuhud, wara', tawadhu', pribadi yang tenang, sifat pemaaf, lapang dada, sabar, tegas, adil, rendah hati, ulet dalam bekerja, dan menegakkan kebenaran dan keadilan tanpa pamrih. Umar bin Abdul Aziz adalah contoh Pemimpin yang Adil, Jujur, Amanah dan shalih, Ulama Pembaru Agama, dan Reformis Sosial sejati.

ISBN: 978-979-1254-56-4

Dimensi: 16.0 x 24.5 cm

Sampul: Hard Cover

Penerbit: Darul Haq

Share |

Komentar Anda..

DISCOUNT BUKU 30%? Klik di sini

Buku-buku lainnya...

Taqrib At-Tadmuriyah, Jalan Selamat Dalam Memahami Sifat-Sifat Allah, Syariat, dan takdir | RBI

Taqrib At-Tadmuriyah, Jalan Selamat Dalam Memahami Sifat-Sifat Allah, Syariat, dan takdir

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin

Rp 4,000   Rp 3,200

Tanya Jawab Tentang Zakat | RBI

Tanya Jawab Tentang Zakat

DR. Amir Said Al-Zibar

Rp 19,000   Rp 15,200

Tanya Jawab Psikologi Muslimah | RBI

Tanya Jawab Psikologi Muslimah

Dr. Sa誕d Riyadh

Rp 53,000   Rp 42,400

Tanya Jawab Mengurus Jenazah | RBI

Tanya Jawab Mengurus Jenazah

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Rp 30,000   Rp 25,500

Tanda-Tanda Kiamat Besar dan Kecil | RBI

Tanda-Tanda Kiamat Besar dan Kecil

Syaikh Mahir Ash-Shufi

Rp 69,000   Rp 58,650

Tamasya Ke Surga | RBI

Tamasya Ke Surga

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah

Rp 26,000   Rp 20,800

Tamasya ke Negeri Akhirat | RBI

Tamasya ke Negeri Akhirat

Abu Ammar Mahmud Al-Mishri

Rp 175,000   Rp 140,000

Taman Orang-Orang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu | RBI

Taman Orang-Orang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah

Rp 58,000   Rp 46,400

Tak Goyah Diterpa Badai | RBI

Tak Goyah Diterpa Badai

Dr. H. Miftah Faridl

Rp 62,900   Rp 50,320